Minggu, 23 Juni 2013

Tokoh-tokoh sosiologi dan pemikirannya



No
Tokoh Sosiologi
Asal
Ide-ide
1
August Comte

Prancis
-       Bapak Sosiologi, anggapannya sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu social statistic dan social dynamics.
-       Sebagai Social statistics merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan.
-       Social dynamics meneropng bagaimana lembaga-lambaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa.
-       Tiga tahap perkembangan pikiran manusia
1.      Tahap teologis, yaitu tingkat pemikiran manusia bahwa semua benda di dunia ini mempunyai jiwa dan itu disebabkan oleh sesuatu kekuatan yang berada di atas manusia.
2.      Tahap metafisis, pada tahap ini manusia masih percaya bahwa gejala-gejala di dunia ini disebabkan oleh kekuatan-kekuatan yang berada di atas manusia.
3.      Tahap positif, merupakan tahap di mana manusia telah sanggup untuk berpikir secara ilmiah. Pada tahap ini berkembanglah ilmu pengetahuan.
2
Max Weber

Jerman
-       Sosiologi adalah ilmu yang berusaha memberikan pengertian tentang aksi-aksi sosial.
-       Teori Ideal Typus, yaitu suatu kontruksi dalam pikiran manusia seorang peneliti yang dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis gejala-gejala dalam masyarakat
-       Ajaran-ajarannya sangat menyumbang sosiologi, misalnya analisisnya tentang wewenang, birokrasi, sosiologi agama, organisasi-organisasi ekonomi.
3
Charles Horton Cooley

Amerika Serikat
-       Mengembangkan konsepsi mengenai hubungan yang tidak terpisahkan antara individu dengan masyarakat.
-       Teorinya mengidamkan kehidupan bersama, rukun dan damai sebagaimana dijumpai pada masyarakat.
-       Prihatin melihat masyarakat-masyarakat modern yang telah goyah norma-normanya, sehingga masyarakat bersahaja merupakan bentuk ideal yang terlalu berlebih-lebihan kesempunaannya.
4
Pierre Guillaume Frederic Le Play

Prancis
-       Mengenalkan metode tertentu di dalam meneliti dan menganalisis gejala-gejala sosial yaitu dengan jalan mengadakan observasi terhadap fakta-fakta sosial dan analisis induktif. Kemudian dia juga menggunakan metode case study dalam penelitian-penelitian sosial.
-       Hasil penelitiannya, bahwa lingkungan geografis menentukan jenis pekerjaan, dan hal ini mempengaruhi organisasi ekonomi, keluarga serta lembaga-lembaga lainnya.
5
Ferdinand Tonnies
Jerman
-       Teorinya mengenai Gemeinschaft dan Gesellschaft sebagai dua bentuk yang menyertai perkembangan kelompok-kelompok sosial.
-       Gemeinschaft (paguyupan) adalah bentuk kehidupan bersama dimana angota-anggotannya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal.
-       Gesellschaft (patembayan) merupakan bentuk kehidupan bersama yang merupakn ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu yang pendek.
6
Alfred Vierkandt

Jerman
-       Sosiologi terutama mempelajari interaksi dan hasil interaksi tersebut. Masyarakat merupakan himpunan interaksi-interaksi sosial, sehingga sosiologi bertugas untuk mengkontruksi teori-teori tentang masyarakat dan kebudayaan.
-       Dasar semua struktur sosial adalah ikatan emosional: tidak ada konflik antara kesadaran individual dengan kelompok, oleh Karena itu individu tunduk pada tujuan kelompoknya.
7
Vilfredo Pareto

Italia
-       Sosiologi didasarkan pada observasi terhadap tindakan-tindakan, eksperimen terhadap fakta-fakta dan rumus-rumus matematis.
-       Masyarakat merupakan system kekuatan yang seimbang dan keseimbangan tersebut tergantung pada ciri-ciri tingkah laku dan tindakan-tindakan manusia tergantung dari keinginan-keinginan serta dorongan-dorongan dalam dirinya.

8
Lester Frank Ward
Amerika
-       Sosiologi bertujuan meneliti kamajuan-kemajuan manusia.
-       Ia membedakan antara pure sociology (sosiologi murni) yang meneliti asal dan perkembangan gejala-gejala sosial dan apllied sociology (sosiologi terapan) yang khusus mempelajari perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam usaha-usaha manusia.
-       Kekuatan dinamis dalam gejala sosial adalah perasaan.

9
Georg Simmel
Jerman
-       Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang khusus yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan analitis yang abstrak diantara semua ilmu pengetahuan kemasyarakatan.
-       Objek sosiologi adalah bentuk-bentuk hubungan antar manusia.

10
William Graham Sumer
Amerika Serikat
-       System sosiologi didasarkan pada konsep in-group dan out-group.
-       Masyarakat merupakan peleburan dari kelompok-kelompok sosial.
-       Empat dorongan yang universal dalam diri manusia yaitu rasa lapar, rasa cinta, rasa takut, dan rasa hampa.

11
Robert Ezra Park
Amerika Serikat
-       Pelopor mazhab Ekologi.
-       Sosiologi meneliti masyarakat setempat dari sudut hubungan antar manusia.

12
Karl Mannheim
Hungaria
-       Pelopor sosiologi pengetahuan, menelaah hubungan masyarakat dengan pengetahuan.
-       Akar dari segenap pertentangan yang menimbulkan krisis terletak dalam ketegangan-ketegangan yang timbul di semua lapangan kehidupan.
-       Planning of freedom, yaitu semacam perencanaan yang diawasi secara demokratis dan menjamin kemerdekaan aktivitas-aktivitas individu maupun kelompok manusia.

13
Leopold von Wiese
Jerman
-       Sosiologi adalah penelitian terhadap hubungan antar manusia yang merupakan kenyataan sosial.
-       Objek khusus sosiologi adalah interaksi sosial atau proses sosial.

14
Emile Durkheim
Sosiologi meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosialnya.
Sosiologi dibagi ke dalam tujuh seksi, yakni :
a.    Sosialogi umum yang mencakup kepribadian individu dan kelompok manusia.
b.    Sosiologi agama.
c.    Sosiologi hokum dan moral yang mencakup organisasi politik, organisasi social, perkawinan dan keluarga.
d.   Sosiologi tentang kejahatan.
e.    Demografi yang mencakup masyarakat perkotaan dan pedesaan.
f.      Dan sosiologi estetika.

15
Karl Mark
Jerman
-       melalui pendekatan materialisme historis percaya bahwa penggerak sejarah manusia adalah konflik kelas.
-       Marx memandang bahwa kekayaan dan kekuasaan itu tidak terdistribusi secara merata dalam masyarakat.
-       Marx mengatakan bahwa kapitalisme adalah bentuk organisasi sosial yang didasarkan pada eksploitasi buruh oleh para pemilik modal. Kelas borjuis kapitalis mengambil keuntungan dari para pekerja dan kaum proletar. Mereka secara agresif mengembangkan dan membangun teknologi produksi. Dengan demikian kapitalisme menciptakan sebuah sistem yang mendunia.

16
Herbert Spencer
Inggris
-       Menganjurkan Teori Evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial.
-       Logika argumen ini adalah bahwa masyarakat berevolusi dari bentuk yang lebih rendah (barbar) ke bentuk yang lebih tinggi (beradab).
-       Ia berpendapat bahwa institusi sosial sebagaimana tumbuhan dan binatang, mampu beradaptasi terhadap lingkungan sosialnya.
-       Evolusi pada sosiologi mempunyai arti optimis yaitu tumbuh menuju keadaan yang sempurna, kemajuan, perbaikan, kemudahan untuk perbaikan hidupnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar